Bermain dengan Anak, Cara Mengurangi Stres Orang Tua Tunggal

Anak adalah anugerah terindah bagi para orangtua. Tak heran jika para orangtua menjadikan buah hati sebagai penghibur dikala lelah menyapa sepulang kerja. Bahkan dalam satu penelitian, bermain dengan anak diketahui dapat mengurangi stres, terutama bagi wanita yang menjadi orangtua tunggal.

Para peneliti dari Kansas State University menyatakan, wanita yang menjadi orangtua tunggal ternyata lebih rentan mengalami stres. Hal tersebut dikarenakan tekanan hidup yang berat dalam mencari nafkah untuk belahan hati mereka.

“Bermain dengan anak adalah cara terbaik untuk mengurangi stress bagi para orangtua. Ketika Anda stres, lewatkanlah waktu bersama anak Anda,” ujar salah satu peneliti, Blake Berryhill.

Berryhill menambahkan, menjadi orangtua terutama orangtua tunggal sangat rentan terhadap stress karena tuntutan ekonomi yang tinggi, waktu kerja yang panjang, dan minimnya dukungan keluarga. Melewatkan waktu dengan bermain atau membaca bersama anak adalah salah satu cara mengurangi stress akibat semua tekanan itu.

Tidak hanya mengurangi stres, masih kata Berryhill, berinteraksi langsung dengan anak juga membawa dampak positif kepada anak. Buah hati menjadi lebih mudah diatur karena telah dekat dengan orangtuanya.

Berryhill dan rekan melakukan penelitian kepada 2.370 wanita yang menjadi orangtua tunggal yang memiliki anak berusia di bawah lima tahun. Dari hasil penelitian diketahui, memperbanyak interaksi dengan anak, selain mengurangi stres juga membuat anak akan semakin mudah untuk diarahkan.

“Menjadi orangtua tunggal sangat melelahkan. Akan tetapi jika banyak melewatkan waktu bersama anak akan mengurangi rasa stress karena ketika bermain dengan anak, orangtua ataupun seorang ibu yang menjadi orangtua tunggal, akan menikmati perannya seperti ia melakukan pekerjaannya,” ujar Berryhill.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s