Menjadi Orangtua Tunggal, Siapa Takut

Menjadi orangtua tunggal bukanlah hal yang paling sulit dan tidak perlu takut untuk dijalani. Memang sebelumnya siapa yang pernah membayangkan akan menjadi seorang ibu sekaligus ayah dalam satu waktu, namun bukan berarti harus takut ketika dihadapkan dalam permasalahan ini. Berikut beberapa tips agar Anda tetap semangat menjalani hidup mengasuh anak-anak tanpa didampingi pasangan :

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri

Biasanya Anda akan mulai sibuk untuk meyalahkan diri sendiri dan bersedih terlalu lama, pasca bercerai dengan suami. Jika memang ini keputusan berdua, maka hadapi dengan tenang tanpa menyalahkan siapapun termasuk diri sendiri. Memang selalu ada penyesalan, namun jangan biarkan perasaan ini berlarut-larut agar anak tidak mengikuti kesedihan yang dihadapi ibunya.

Selalu menjadikan anak sebagai teman

Ini merupakan cara yang efektif untuk mendekatkan diri kepada anak-anak, menjadikan anak sebagai teman merupakan kiat yang baik untuk menjadi orangtua tunggal yang sukses. Dengan mendengarkan keluh kesah mereka dan memberikan saran yang baik dan mendidik. Begitu juga sebaliknya, Anda juga dapat menceritakan masalah yang sedang dihadapi kepada mereka, sehingga tidak ada yang harus ditutup-tutupi.

Jangan menyuruh anak untuk berpihak

Banyak pasangan yang bercerai dan memaksa anak-anak untuk memilih antara ibu dan ayahnya. Tentu ini pilihan yang sulit bagi anak untuk memilih orang yang sangat disayanginya. Jangan pernah ikut sertakan anak-anak dalam perceraian, bagaimanapun juga Anda dan suami adalah orangtuanya yang bertanggung jawab atas segalanya.

Menjelek-jelekan pasangan

Biasanya untuk memaksa anak memilih antara ayah dan ibunya adalah dengan cara menceritakan kejelekan ayah kepada anak. Sebaiknya untuk menjadi orangtua tunggal, Anda tetap berusaha untuk mengangkat kebaikan suami meski saat sekarang memang sudak tidak cocok lagi.

Membagi waktu

Tidak hanya bertemu dan diasuh oleh ibunya, seorang anak juga akan membutuhkan perhatian dari ayahnya. Buatlah waktu pertemuan atau membebaskan anak untuk selalu bertemu dengan ayah mereka, karena dengan hal ini anak-anak tidak merasakan dampak buruk saat orangtuanya telah berpisah.

Tidak ada pasangan yang ingin menyia-nyiakan kehidupan anaknya. Meski menjadi orangtua tunggal tentu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membesarkan dan mendidik anak dengan baik tanpa harus memaksakan kehendak sendiri kepada anak-anak.  ( sumber : melinda hospital)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s