Bila Ayah Menjadi Orang Tua Tunggal

Adakalanya seorang ayah harus mengasuh dan membesarkan anak-anaknya sendirian, entah karena perceraian atau ditinggal mati istrinya. Jika itu dialami oleh Anda, tak usah ragu atau cemas. Percayalah, Anda pun dapat mendidik si kecil sebaik yang bisa dilakukan seorang ibu. Pakar psikologi Dr. A. Joseph Burstlen memberikan tips berikut:

* Yang pertama harus Anda lakukan ialah mengubah seluruh gaya hidup dan kebiasaan Anda dan cara Anda melakukan segala hal. Anda pun harus mengubah pandangan hidup Anda, khususnya pandangan tradisional terhadap peran Anda sebagai pria, termasuk mengasuh anak.

* Pelajari segala ketrampilan baru, menyadap sumber daya yang selama ini tak Anda ketahui ada dalam diri Anda. Anda pun harus mulai melakukan pekerjaan yang kadang-kadang mungkin menjemukan seperti memasak, membersihkan rumah, mencuci, dan tentunya menjaga si kecil.

* Jangan berharap segala sesuatunya akan berjalan mulus seperti harapan Anda. Bersiaplah menghadapi guncangan, kejutan, kekecewaan, bahkan kegagalan. Sebaliknya, Anda juga pasti akan mendapat sukses secara mengejutkan, serta saat-saat yang penuh suka cita dan kegembiraan kala mengasuh si kecil.

* Perluas wawasan Anda dengan membaca buku-buku tentang pengasuhan, perawatan dan pendidikan anak. Ini akan sangat membantu Anda, juga memberikan rasa aman dalam mengatasi masalah sulit.

* Akal sehat Anda merupakan penuntun yang berguna dalam hampir semua situasi. Kendati begitu, tak ada salahnya Anda minta bantuan para ahli dalam situasi-situasi tertentu, seperti dokter anak atau psikolog anak.

* Tak ada salahnya bertukar pikiran dengan ayah lain yang menjadi orang tua tunggal. Anda berdua bisa saling memberikan dukungan. Anda pun perlu berkomunikasi dengan para ibu yang sendirian untuk bekerja sama secara serasi.

* Jangan sembunyikan kebenaran atau mengatakan kebohongan kepada anak-anak tentang ibu mereka. Juga, jangan sekali-sekali mengatakan yang buruk tentang ibu mereka. Anda tentu tak ingin si kecil menjadi makin gelisah dan ketakutan, bukan?

* Jika Anda ingin mengambil seorang pengasuh anak, Anda harus yakin si pengasuh adalah orang yang bertanggungjawab dan terlatih. Tapi ingat, jangan serahkan sepenuhnya pengasuhan si kecik kepada sang pengasuh. Anda tetap dituntut untuk menyediakan waktu bagi si kecil, memberikan perhatian dan kasih sayang Anda kepadanya.

Sumber: Nova

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s