Bagaimana Menjalani Hubungan bagi Perempuan Orangtua Tunggal

Memperkenalkan calon anggota keluarga baru tidaklah mudah, khususnya bagi sosok perempuan yang menjalani peran sebagai orangtua tunggal dan memiliki anak yang beranjak dewasa atau remaja.

Anak remaja umumnya sulit menerima kedekatan ibunya dengan lelaki yang menjadi pasangannya karena masih menyayangi ayah mereka yang sebenarnya dan mengharapkan perhatian yang lebih dari Anda yang menjalani peran orangtua tunggal tersebut.

Berikut adalah tips menjalani hubungan dengan lelaki bagi perempuan yang menjalani peran orangtua lajang:

1. Lakukan secara perlahan.
Pastikan semua tidak terburu-buru. Ini bukan seperti kencan-kencan yang pernah Anda lakukan saat sebelum menikah. Sekarang Anda harus mempertimbangkan perasaan anak Anda juga sebelum menentukan arah lebih lanjut dalam hubungan Anda.

2. Bersikap terbuka dan berikan penjelasan mendetail.
Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan pasangan baru Anda, cobalah untuk mulai terbuka dan memberikan penjelasan tentang bagaimana perasaan Anda terhadap pasangan tersebut kepada sang anak. Berikan penjelasan tentang sosok pasangan Anda, dan Anda bisa juga meminta pendapat sang anak mengenai pasangan Anda itu.

3. Mengatur waktu.
Kecemburuan yang muncul dari anak Anda umumnya terjadi karena kurangnya waktu yang Anda berikan kepadanya. Jangan membuat perhatian Anda teralih dan tercurah sepenuhnya untuk pasangan baru. Ingat, tugas dan tanggung jawab sebagai orangtua tunggal tidak pernah mudah. Berikan keseimbangan dalam pengaturan waktu Anda antara pasangan, anak, dan karir

4. Konsisten dengan apa yang sudah Anda ucapkan.
Bila sebelumnya Anda menentukan berbagai peraturan kepada sang anak, maka cobalah untuk menjalankannya juga. Hindari bercumbu di ruang tamu dengan pasangan atau mengajaknya menginap di rumah. Anda harus memberi contoh yang baik pada anak yang sedang tumbuh menjadi seorang yang dewasa. (beritasatu.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s