Ini Dia Kiat Menghindari Stress untuk Single Parent

Stress. Inilah keluhan yang sering dilontarkan orangtua yang berposisi sebagai orang tua tunggal, baik ibu tunggal maupun ayah tunggal. Bagaimana mengatasi masalah itu? Benarkah kemampuan kita mengelola stress dapat menyebabkan kita menjadi kurang efektif sebagai orangtua, tetapi juga dalam kehidupan.

Brett Blumenthal, seorang penulis buku laris dan pemilik SheerBalance.com, memberikan sejumlah tips untuk mengatasi stress dimaksud.

Salah satu tips yang paling penting untuk mengurangi stres adalah belajar untuk mengatakan tidak. Sangat tipis perbedaan antara ibu tunggal atau ayah berarti. Prioritaskan apa yang sebenarnya penting dan lebih waspada apabila mengatakan tidak kepada hal-hal yang seharusnya dikatakan tidak. Jadilah realistis dalam menilai apa yang Anda mampu lakukan dan apa yang tidak dan sebagian besar dari semua, jangan menyalahkan diri sendiri untuk mengatakan “tidak.” Menetapkan batas akan memungkinkan Anda untuk lebih leluasa mengatur waktu Anda dan memungkinkan Anda untuk menjadi yang terbaik.

Sebagai seorang ibu atau ayah tunggal, Anda mungkin memiliki sedikit waktu untuk diri sendiri.  Usahakan sekali seminggu, melakukan sesuatu hanya untuk diri sendiri. Jika memungkinkan, pilihlah kegiatan yang santai dan tenang, di tempat yang tidak ramai.

Mempertahankan asupan yang sehat sangat penting untuk mengurangi stres. Makan yang benar dan berolahraga akan mempersiapkan tubuh Anda ketika harus menghadapi tantangan berat sebagai orang tua tunggal. Selain itu, olahraga membantu pelepasan ketegangan. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan tanpa khawatir dengan anak. Misalnya jogging bersama anak-anak, atau olahraga di Gym. Saat Anda berolahraga di Gym, Anda bisa menitipkan anak Anda.

Pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur. Tidur sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan berfungsi dengan baik dan efektif sepanjang hari. Cobalah untuk menanamkan jadwal tidur dengan anak Anda sejak dini sehingga mereka memiliki kebiasaan tidur yang sehat sendiri. Waktu tidur yang ideal adalah tujuh hingga delapan jam semalam.

Salah satu tips terbaik untuk mengurangi stres termasuk membangun jaringan dukungan Anda. Menjadi orang tua tunggal tidak berarti bahwa Anda sendirian. Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang tinggal dekat, ada kenalan atau kawan yang bisa membantu Anda. Bila tidak jalinlah hubungan dengan keluarga lain, agar sewaktu-waktu bisa memberikan bantuan bila dibutuhkan.

Cobalah untuk menetapkan harapan yang realistis tentang diri sendiri dan anak-anak Anda. Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang … dan tidak harus menempatkan terlalu banyak tekanan pada diri sendiri. Jadilah realistis tentang apa yang dapat Anda lakukan dan tidak menyalahkan diri sendiri jika Anda suatu saat mengalami sesuatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s